Mengenal Kualitas dan Ciri Kain Katun Rayon !!

Header

Apa itu Jenis Kain Katun Rayon ??

Kain Katun Rayon Mungkin beberapa dari kita jarang mendengar dengan bahan yang satu ini ya, karena mungkin anda lebih populer dengan Kain Katun Combed atau Katun Fleece. Yap benar sekali sama seperti dua jenis Bahan Kain diatas Kain ini pun memiliki bahan dasar yang sama yaitu dibentuk dari serat kapas.

Kain Rayon sendiri memiliki perbedaan karena selain dibentuk serat kapas bahan tersebut dikombinasikan dengan Rayon. Rayon sendiri merupakan serat hasil dari regenerasi Selulosa, sehingga disebut serat Semisintetis. Karna serat tersebut tidak bisa digolongkan sebagai serat sintetis atau serat alami.

 

Kain Katun Rayon
Kain Katun Rayon

Bentuk dan Ciri dari Kain Katun Rayon

Kain Rayon yang dibuat dari kombinasi serat kapas dan serat hasil regenerasi Selulosa. Kain ini secara umum terasa lebih sejuk, lebih nyaman dan dapat menyerap keringat dengan baik saat dikenakan. Ada beberapa ciri khas dari Kain tersebut, untuk memudahkan anda membedakan dan memilih Kain Katun Rayon yang berkualitas mari kita kenali dulu beberapa ciri yang bisa kita rasakan secara langsung. Diantaranya :

 

  1. Kain memiliki tekstur bahan yang cenderung Licin dan Ringan.

  1. Kain akan terkesan seperti jatuh saat dikenakan karena bahannya yang ringan.

  1. Kain pun lebih sejuk ketika dikenakan

  1. Kain memiliki kemampuan menyerap keringat yang sangat baik.

  1. Kain memiliki bentuk Retensi yang Tinggi (Penahan terus menerus dalam zat), sehingga membuatnya sulit kembali kebentuk semula ketika kain tersebut kusut.

    ini

Kelebihan dan Kekurangan Kain Katun Rayon

Setiap bahan kain tentunya memiliki kelebihan serta kekurangan, begitu pula dengan Kain Katun Rayon ini. Adapun kelebihan dan kekurangan dari Kain ini adalah :

 

a. Kelebihan 

Sebagai salah satu kain yang memiliki serat Katun dan Rayon. Kain jenis ini memiliki beberapa kelebihan yang membedakannya dari jenis Bahan Kain yang lainnya, dan beberapa kelebihan mencolok dari Kain Katun Rayon adalah :

 

  • Kain terlihat lebih bercahaya dan juga berkilau.
  • Tekstur dari Kain sendiri terasa lebih lembut oleh karena itu sangat cocok untuk digunakan menjadi busana.
  • Kain ini pun memiliki daya tahan yang lebih baik dari bahan kain katun biasa, dan akan lebih awet dengan perawatan yang tepat.
  • Kain Rayon yang mudah menyerap keringat membuat bahan yang satu ini sering dijumpai dengan warna – warna yang cerah.
  • Dalam perawatan, Kain ini memiliki cara perawatan yang mudah dan bisa dilakukan sendiri dirumah. Seperti saat melakukan pencucian, kita hanya cukup meguceknya dengan tangan.

b. Kekurangan 

Dari semua kelebihan di atas, pada dasarnya Kain Katun Rayon ini pun memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya :

  • Kain ini memiliki Retensi yang tinggi, sehingga membuatnya menjadi lebih mudah untuk kusut. Maka dari itu setelah mencuci bahan ini diharuskan untuk disetrika agar bahan Kain ini tetap licin dan tidak kusut.
  • Di Keadaan Basah yang cukup lama, Kain  akan lebih rentan mengalami kerusakan dan warnanya yang akan mudah untuk pudar.
  • Terlalu sering terpapar oleh Matahari, Jamur, Asam serta panas setrika yang tinggi dan berlebihan bisa menyebabkan Kain menjadi mudah rapuh.

Produk dari pemanfaatan Kain Katun Rayon

Dalam pengaplikasian dari Kain ini banyak yang dibuat menjadi berbagai macam bentuk baju dan pakaian di dunia Fashion. Beberapa diantaranya berupa Gamis, Rok, Blus Wanita, Baju Santai, Kemeja dan masih banyak lagi hal itu dikarenakan sifat dan karakteristik bahan Kain  unik dan mudah dikreasikan menjadi sebuah Busana.

Gaun Katun Rayon
Gaun Katun Rayon
Produk Katun Rayon
Produk Katun Rayon
Baju Katon Rayon
Baju Katon Rayon

Perawatan dari Kain Katun Rayon

Jika anda memiliki koleksi pakaian yang terbuat dari bahan Kain Katun Rayon, perlu diketahui cara merawat bahan tersebut agar tetap awet juga tidak mudah rapuh. Walaupun perawatannya yang bisa dikatakan mudah, namun demi mengantisipasi beberapa kerusakan yang tentunya tidak diinginkan ada beberapa tips sederhana. Diantaranya adalah :

  • Pada saat mencuci Kain ini, lebih baik jika menggunakan tangan dari pada menggunakan mesin cuci. Hal itu dikarenakan Kain ini memiliki sifat yang mudah mengecil, mengkerut atau bahkan merenggang karena Retensi nya yang tinggi. Mungkin sebagai rekomendasi kami, anda bisa mencucinya menggunakan air hangat.
  • Proses perendaman jangan lah terlalu lama kurang lebih sekitar 20 menit.
  • Untuk hasil yang baik mungkin anda jangan memeras atau memutar bahkan menyikatnya, karena dapat mengubah bentuk Kain tersebut. Lebih baik cukup kucek dan remas secara lembut untuk berhati hati.
  • Usahakan untuk menghindari pemakaian pemutih secara langsung diatas kain yang terkena noda. Karena serat dari Kain ini sangat lemah dengan penggunaan pemutih. Encerkan terlebih dahulu pemutih tersebut sesuai petunjuk pemakaian agar lebih aman saat digunakan. Dan sebaiknya membatasi penggunaan pemutih ini karena dapat kain menjadi rapuh dan mudah untuk robek.
  • Pada saat menjemur usahakan tidak menjemur pakaian dari Kain ini langsung di bawah sinar matahari, anda bisa menjemurnya dengan keadaan terbalik untuk mengurangi panas matahari tersebut.
Tips Merawat Pakaian
Tips Menjaga Pakaian tetap awet
Tips Menjaga Pakaian tetap awet
Cara Merawat Pakaian Agar Tetap Awet
  • Usahakan untuk tidak menggantung pakaian dari Kain Katun Rayon saat menjemur karena bisa membuat seratnya renggang atau melar karena beban air ketika pakaian tersebut dalam keadaan basah.
  • Ketika menggosok atau menyetrika pakaian dari Kain ini sebaiknya menggunakan suhu yang sedang atau tidak terlalu panas, karena bila suhunya terlalu panas dapat menyebabkan warna Kain tersebut menjadi kekuning – kuningan. Mungkin, menyetrikanya dengan keadaan terbalik (bagian dalam diluar), dapat membantu anda pada saat menyetrika pakaian tersebut dan tetap mengantisipasi apabila suhu setrika yang masih terlalu panas.
  • Kemudian untuk bagian depan pakaian, disarankan untuk melapisinya dengan kain di atasnya dan tidak menyentuhkan setrika dengan kain secara langsung.
  • Terakhir, proses penyimpanan dari pakaian berbahan dasar Kain ini lebih baik dengan cara dilipat dari pada menggantungnya. Hal ini fungsikan agar bentuk pakaian tersebut tetap terjaga.

    Jadi menurut kalian gimana ?? sudah cukup mengenal Kain Katun Rayon ini ??. Atau mungkin, anda tertarik untuk menggunakannya menjadi bahan dalam membuat pakaian yang anda inginkan ??. Tentu saja dari penjelasan diatas kita semua jadi tahu bahwa Kain ini merupakan salah satu jenis dari Kain Katun yang memiliki kualitas terbaik, dan menjadi primadona di mata pecinta fashion kan

Jadi tunggu apa lagi ??, buat kamu yang ingin memproduksi pakaian mu sendiri dengan menggunakan bahan Kain Katun Rayon ini. Kamu bisa langsung menghubungi Customer Services di Be Smile Production, tentunya kami pun memiliki banyak penawaran menarik untuk kamu loo, Combine Your Idea With Our Quality .

Ayo Buat Produk Anda Sekarang juga !!

Orang lain juga mencari :
goodie bag custom
Goodie bag
custom topi
Topi baseball
custom hoodie
Hoodie
Tote Bag
Tote Bag
custom jaket
Bomber

Wujudkan Ide anda bersama Kami

Alamat Kantor :  Jl. Agung Raya II No.49 C, RT.7/RW.7, Lenteng Agung, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12610